Rabu, 11 April 2012

Julius Caesar


Julius Caesar
Dapat dikatakan nama Julius Caesar sudah sangat dikenal di berbagai pelosok dunia. Penguasa Republik Romawi (100 SM – 44 SM) ini adalah salah satu figur besar dunia yang sangat berpengaruh pada peradaban manusia. Namun tentunya tidak banyak yang tahu secara terperinci riwayat hidup Caesar ini, kecuali mungkin sejarahwan atau penggemar sejarah.
Dilahirkan pada 100 sebelum Masehi, Gaius Julius Caesar begitu mahir dalam orasi, politik dan militer sehingga tidak heran jika sejak muda kariernya melejit. Namun musuhnya makin bertambah karena banyak orang merasa terancam oleh kecemerlangannya. Caesar akhirnya terpaksa meninggalkan kota Roma ketika diktator Romawi Lucius Sulla  mengancam mengeksekusinya.
Caesar pun terjun ke medan perang dan mampu menunjukkan keberanian dan kejeniusan dalam strategi perang sehingga ia akhirnya dipulihkan status kewarganegaraannya.
Kemudian Caesar memusatkan kariernya di dunia politik dan militer. Ia membawa agenda populis yang menentang korupsi kaum aristokrat yang mendominasi politik Roamwi saat itu. Kemenangan demi kemenangan baik di politik maupun militer membuatnya ia menjadi penguasa baru Romawi yang presistenya sukar ditandingi penguasa Romawi manapun.
Julius Caesar bertarung dan memenangkan sebuah perang saudara yang menjadikannya penguasa terhebat dunia Romawi, dan memulai reformasi besar-besaran terhadap masyarakat dan pemerintah Romawi. Dia menjadi diktator seumur hidup, dan memusatkan pemerintahan yang makin melemah dalam republik tersebut.
Caesar meninggal dunia pada 15 Maret 44 SM akibat ditusuk hingga mati oleh Marcus Junius Brutus dan beberapa senator Romawi. Aksi pembunuhan terhadapnya pada hari Idi Maret tersebut menjadi pemicu perang saudara kedua yang menjadi akhir Republik Romawi dan awal Kekaisaran Romawi di bawah kekuasaan cucu lelaki dan putra angkatnya, Kaisar Augustus.
Peta Peperangan Julius caesar
Peta Peperangan Julius caesar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar